Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual
Vol 3, No 1 (2018): Volume 3 Nomor 1, Februari 2018

Penerapan Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn Pada Siswa Kelas IX SMPN 1 Kalidawir

Eny Djauharatun Nisak (SMPN 1 Kalidawir Tulungagung)



Article Info

Publish Date
11 Feb 2018

Abstract

Hasil observasi yang dilakukan di Kelas IX A pada waktu pembelajaran Pendidikan Kewaarganegaraan diperoleh hasil belajar siswa kurang memuaskan, yaitu dari 34 siswa hanya 8 siswa yang nilainya dapat mencapai KKM atau 70, sedangkan 26 siswa lainnya masih belum dapat mencapai KKM atau 69. Untuk itu, dilakukan penelitian ini dengan menerapkan metode mind mapping guna menyelesaikan masalah tersebut. penelitian ini merupakan suatu penelitian tindakan kelas dengan subyek siswa kelas IX A SMPN 1 Kalidawir. Adapun materi yang dipilh adalah Peran Indonesia dalam Hubungaan Internasional Dalam Era Globalisasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan Hasil belajar siswa berdasarkan nilai post test per siklus dengan nilai di atas KKM yaitu persentase pada siklus I 52,9% dan pada siklus II 88,2%.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

BRILIANT

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Education

Description

BRILIANT : Jurnal Riset dan Konseptual published by Universitas Nahdlatul Ulama Blitar. Published four times a year in print and online. Journals are published every three months, in February, May, August and November. The article topics contained in this journal are the results of research and ...