Rendahnya Kreativitas siswa dalam proses pembelajaran dapat mengakibatkan prosesmengajar menjadi kurang optimal, sehingga materi yang diajarkan atau disajikan menjadi tidaktuntas dan hasil belajar akan menurun. Faktor penyebab rendahnya hasil belajar siswa adalahprofesionalisme guru dan kreativitas belajar siswa. Guru yang profesional mampu menumbuhkanmental siswa dalam belajar. Sehingga seorang guru yang profesional mampu menunjukan kebutuhandasar (tujuan) dari belajar yang pada akhirnya dapat menumbuhkan atau mendorong siswadalammencapai keinginan Atau tujuan dean cita-cita. Permasalah pokok dalam penelitian ini adalahbagaimana pengaruh profesionalisme guru dan kreativitas Belajar siswa terhadap hasil belajarpada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas IX SMPN 2 Mancak? Penelitian ini bertujuanuntuk mengetahui pengaruh profesionalisme guru dan kreativitas Belajar siswa terhadap hasil belajarpelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 2 Mancak. Metode penelitian yang digunakanadalah metode kuantitatif, dengan profesionalisme guru dan kreativitas belajar siswa sebagaivariabel independen serta hasil belajar sebagai variabel dependen. Teknik pengumplan datanyaberbentuk angket, dokumentasi, wawancara, dan observasi. Dari hasil uji hipotesis menunjukanbahwa ada pengaruh profesinalisme guru dan kreativitas belajar terhadap hasil belajar PAI sebesar0,753 yang termasuk dalam katagori tinggi. Sedangkan kontribusi pengaruh profesionalisme gurudan kreativitas belajar terhadap hasil belajar sebesar 56,7%.Kata Kunci: Profesionalisme Guru, Kreativitas Belajar Sswa, dan Hasil Belajar PAI
Copyrights © 2016