JPPM (JURNAL PENELITIAN DAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA)
Vol 10, No 1 (2017): JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika) Volume 10 Nomor 1 Februari

PENGARUH PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM PERKULIAHAN KAPITA SELEKTA MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP

Kurniati, Annisah (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Feb 2017

Abstract

Salah satu upaya untuk menyikapi kemampuan pemahaman konsep mtematika adalah melalui pemilihan model perkuliahan. Model Kooperatif Tipe Jigsaw merupakan suatu model yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa agar aktif dan saling membantu dalam menguasai materi perkuliahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh penerapan model Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap kemampuan pemahaman konsep mahasiswa. Penelitian ini menerapkan metode quasi eksperimen. Desain penelitian ini adalah Randomized Control-Group Posttest Only Design. Untuk mendapatkan data penelitian digunakan instrumen berupa tes kemampuan pemahaman konsep. Analisis kuantitatif dilakukan terhadap data hasil postes untuk melihat perbedaan rata-rata antara dua kelompok sampel dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukan bahwa perbedaan rata-rata menggunakan uji t pada a=0,05 diperoleh thitung= 1,82 dan ttabel = 1,65 sehingga thitung< ttabel tidak terpenuhi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman konsep mahasiswa yang diajar dengan model Kooperatif Tipe Jigsaw lebih baik dibandingkan dengan perkuliahan biasa. Kata kunci: Pembelajaran Kooperatif,  JIGSAW,  Pemahaman Konsep Matematis.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JPPM

Publisher

Subject

Mathematics

Description

The Journal invites original research articles and not simultaneously submitted to another journal or conference. The whole spectrum of research in mathematics education are welcome, which includes, but is not limited to the following topics: Design/Development Research in Mathematics Education ...