JPPM (JURNAL PENELITIAN DAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA)
Vol 10, No 2 (2017): JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika) Volume 10 Nomor 2 Agustus

PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GENERALISASI MATEMATIS SISWA

Silvia Dani (Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Heni Pujiastuti (Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Ria Sudiana (Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2017

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kemampuan generalisasi matematis siswa yang masih tergolong rendah di SMPN 6 Kota Serang. Oleh karena itu, peneliti menggunakan pembelajaran matematika dengan pendekatan Realistic Mathematic Education, karena pendekatan ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan generalisasi matematika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pencapaian akhir dan peningkatan kemampuan generalisasi matematis siswa yang mendapat pembelajaran dengan pendekatan Realistic Mathematic Education lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran yang umum diterapkan sesuai dengan kurikulum 2013 ada korelasi positif antara kemampuan Generalisasi siswa matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kombinasi (mixed method) dengan penggabungan desain horisontal kualitatif dan konkuren. Penelitian ini melibatkan dua kelas kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 6 Kota Serang. Sampel adalah kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII C sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen uji kemampuan generalisasi matematis, lembar observasi, pedoman wawancara, dokumentasi dan peneliti itu sendiri. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pencapaian akhir dan peningkatan kemampuan generalisasi matematika kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Kata kunci: Realistic Mathematics Education, Kemampuan Generalisasi Matematis.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JPPM

Publisher

Subject

Mathematics

Description

The Journal invites original research articles and not simultaneously submitted to another journal or conference. The whole spectrum of research in mathematics education are welcome, which includes, but is not limited to the following topics: Design/Development Research in Mathematics Education ...