Teachers’ belief atau keyakinan guru merupakan salah satu bagian penting dari kompetensi guru; yaitu kompetensi kepribadian dan memiliki peranan yang strategis dalam keberhasilan belajar matematika siswa. Keyakinan guru ini meliputi dua bagian, yaitu keyakinan guru terhadap manfaat matematika dalam kehidupan sehari-hari dan mengajar matematika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif berbentuk studi kasus, yang bertujuan untuk mendeskripsikan keyakinan guru dalam pembelajar matematika dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Subjek penelitian adalah guru matematika SMA yang tergabung dalam MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) Se-Kabupaten Lampung Timur berjumlah 60 orang. Data penelitian dikumpulkan melalui teknik angket dan wawancara, dan dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) keyakinan guru dalam pembelajaran matematika tergolong sedang (rerata 2,54 dengan skala 4), dan (2) faktor yang mem-pengaruhinya adalah (a) strata pendidikan; keyakinan guru berpendidikan S2 lebih baik daripada berpendidikan S1/D3, (b) jenis sekolah; keyakinan guru dari sekolah negeri lebih tinggi daripada sekolah swasta, (c) lama mengajar; keyakinan guru mengalami peningkatan secara bertahap mulai 0 sampai 20 tahun, dan mengalami penurunan setelah 20 tahun, dan (d) keikutsertaan pelatihan; keyakinan guru semakin meningkat bila semakin banyak mengikuti pelatihan.
Copyrights © 2017