JPPM (JURNAL PENELITIAN DAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA)
Vol 10, No 2 (2017): JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika) Volume 10 Nomor 2 Agustus

TEACHERS’ BELIEF DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DAN FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHINYA

sugeng sutiarso (universitas lampung)



Article Info

Publish Date
05 Oct 2017

Abstract

Teachers’ belief atau keyakinan guru merupakan salah  satu  bagian penting dari  kompetensi guru; yaitu kompetensi kepribadian dan memiliki peranan yang strategis dalam  keberhasilan  belajar matematika siswa. Keyakinan guru ini meliputi dua bagian, yaitu keyakinan guru terhadap manfaat matematika dalam kehidupan sehari-hari dan mengajar matematika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif berbentuk studi kasus, yang bertujuan untuk mendeskripsikan keyakinan guru dalam pembelajar matematika dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Subjek penelitian adalah guru matematika SMA yang tergabung dalam MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) Se-Kabupaten Lampung Timur berjumlah 60 orang. Data penelitian dikumpulkan melalui teknik angket dan wawancara, dan dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian ini  menunjukkan bahwa (1) keyakinan guru dalam pembelajaran matematika tergolong sedang (rerata 2,54 dengan skala 4), dan (2) faktor yang mem-pengaruhinya adalah (a) strata pendidikan; keyakinan guru berpendidikan S2 lebih baik daripada berpendidikan S1/D3, (b) jenis sekolah; keyakinan guru dari sekolah negeri lebih tinggi daripada sekolah swasta, (c) lama mengajar; keyakinan guru mengalami peningkatan secara bertahap mulai 0 sampai 20 tahun, dan mengalami penurunan setelah 20 tahun, dan (d) keikutsertaan pelatihan; keyakinan guru semakin meningkat bila semakin banyak mengikuti pelatihan.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JPPM

Publisher

Subject

Mathematics

Description

The Journal invites original research articles and not simultaneously submitted to another journal or conference. The whole spectrum of research in mathematics education are welcome, which includes, but is not limited to the following topics: Design/Development Research in Mathematics Education ...