JPPM (JURNAL PENELITIAN DAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA)
Vol 10, No 1 (2017): JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika) Volume 10 Nomor 1 Februari

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PENDEKATAN STRUKTURAL THINK PAIR SQUARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Sri Sukmawati (Unknown)
Anton Nasrullah (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Feb 2017

Abstract

Penelitian ini membahas tentang penerapan model pembelajaran kooperatif pendekatan struktural Think Pair Square (TPS) untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa di kelasVIII-4 MTs Al Huda Pekanbaru pada materi pokok Bangun Ruang Sisi Datar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif pendekatan Struktural Think Pair Square (TPS) tersebut dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelasVIII-4 MTs Al Huda Pekanbaru pada semester genap TP 2012/2013. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif dengan subjek penelitian adalah seluruh siswa di kelasVIII-4 MTs Al Huda Pekanbaru Tahun Pelajaran 2012/2013. Penelitian dilakukan sebanyak 2 siklus atau 8 kali pertemuan. Dari analisa data diketahui bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif pendekatan Struktural Think Pair Square (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa di kelasVIII-4 MTs Al Huda Pekanbaru pada materi pokok Bangun Ruang Sisi Datar. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Model Kooperatif TPS memberikan dampak positif terhadap  prestasi belajar siswa. Kata kunci: Kooperatif, Struktural, Think Pair Square, Hasil Belajar.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JPPM

Publisher

Subject

Mathematics

Description

The Journal invites original research articles and not simultaneously submitted to another journal or conference. The whole spectrum of research in mathematics education are welcome, which includes, but is not limited to the following topics: Design/Development Research in Mathematics Education ...