Prosiding Universitas PGRI Palembang
PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 13

Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Artikulasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi Di SMK Setia

Pramika, Depi (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jun 2017

Abstract

AbstrakTujuan dari penelitian yang berjudul Pengaruh Penerapan Model PembelajaranKooperatif Tipe Artikulasi Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata PelajaranAkuntansi di SMK Setia Darma Palembang adalah untuk mengetahui hasilbelajar siswa dan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajarankooperatif tipe artikulasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaranakuntansi materi menyusun laporan keuangan di SMK Setia DarmaPalembang.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metodeEksperimen bentuk Pre-Experimental Design jenis Intact-Group Comparison.Hasil penelitian menunjukkan bahwa ”ada pengaruh penerapan modelpembelajaran kooperatif tipe artikulasi terhadap hasil belajar siswa pada matapelajaran akuntansi di SMK Setia Darma Palembang”. Hal ini terlihat dari nilairata-rata kelas eksperimen lebih tinggi sebesar 26,24 atau 46,66% dibandingkan dengan kelas kontrol dimana rata-rata kelas eksperimen yaitu 82,48 1 X  dan nilai rata-rata kelas kontrol 56,24 2 X  .Dari hipotesis penelitian yang dihitung dengan uji U Mann Whitney dengan sampel besar maka diperoleh harga Zhitung = 5,59 > Ztabel  0,05/2 =1,96, maka Ho ditolak dan Ha diterima, dengan kata lain bahwa pembelajaran Akuntansi dengan model pembelajaran kooperatif tipe artikulasi berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.Kata kunci: Model Pembelajaran, Kooperatif, Artikulasi, Hasil Belajar Akuntansi

Copyrights © 0000