Tulisan ini memaparkan fenomena dakwah melalui media televisidalam perspektif teori peneladanan (modeling). Mengingat tujuandakwah adalah mengajak dan menyeru masyarakat pada jalankebaikan dan keutamaan prinsip-prinsip ajaran Islam, makaperan da’i sangat strategis memposisikan diri sebagai model atauteladan bagi sasaran dakwah. Disinilah pentingnya seorang da’iuntuk tidak hanya pandai berceramah tetapi mampu menjadi modelatau teladan yang baik (uswah hasanah) dalam mengejawantahpesan dakwah di kehidupan sehari-hari. Tulisan ini sebagai refleksianalisis penulis terhadap fenomena maraknya aktivitas dakwah melalui media televisi dan respon masyarakat secara umum terhadap bermunculannya figure-figur da’i di televisi. Sebagai kegiatan dakwah,tentunya pnting bagi para pelaku dakwah di televisi untuk tetapmemperhatikan prinsip uswah hasanah agar masyarakat menerimapesan dakwahnya tidak sekedar karena popularitas da’i, tetapi jugakarena terkesan dengan uswah hasanah yang tercermin dalam diri da’i.
Copyrights © 2016