AT-TABSYIR: Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam
Vol 4, No 2 (2016): Desember 2016

DAKWAHTAINMENT DI TELEVISI: Analisis Terhadap Fenomena Dakwah Ramadhan

Yuliyatun, Yuliyatun (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2016

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk mengungkapkan fenomena dakwahtainmentdi media televise yang menyajikan pesan dakwah sekaligus menawarkandunia hiburan. Lebih maraknya dalam sajian-sajian dakwahtainmentmenyambut bulan Ramadhan dan Idul Fitri. Berbagai infortainmentbertaburan dengan menyelipkan nuansa agama untuk memperkuat dayajual di masyarakat. Penting dalam tulisan ini peneliti paparkan hakekatdakwah dan bagaimana sebaiknya masyarakat mensikapi fenomenadakwahtainment tersebut agar substansi pesan-pesan dakwah tetapdapat bisa dipahami masyarakat. Hasil penelitian ini menunjukkanbahwa kecenderungan masyarakat kurang dapat menangkap pesandakwah dibalik sajian-sajian dakwahtainment. Justru yang popularadalah sajian-sajian hiburannya dan populeritas dari suatu produk.

Copyrights © 2016