Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran scientific inquiry terhadap hasil belajar siswa. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI Semester II SMA Negeri 20 Medan. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling yang berjumlah dua kelas untuk dijadikan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan menggunakan design two group pretest-postest design. Instrumen yang digunakan terdiri atas (1) tes uraian yang berjumlah 10 soal, dimana soal tersebut telah memenuhi persyaratan validitas dan reliabilitas, dan (2) Lembar aktivitas siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t, uji normalitas dan uji homogenitas sebagai prasyarat uji t telah terpenuhi. Berdasarkan analisis dan pembahasan data maka dapat disimpulkan bahwa (1) terdapat pengaruh model pembelajaran scientific inquiry terhadap hasil belajar siswa, dan (2) adanya peningkatan aktivitas belajar yang lebih baik dengan menggunakan model scientific inquiry.
Copyrights © 2016