Sari Pediatri
Vol 18, No 4 (2016)

Pengaruh Bullying Antarsiswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa SDN Pondok Cina 03 Depok

Ghifari Nurullah (Pendidikan Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia)
Rini Sekartini (Deoartemen Ilmu Kesehatan Anak Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia)



Article Info

Publish Date
18 Mar 2017

Abstract

Latar belakang. Bullying dapat dikatakan sebagai hal yang biasa pada lingkungan sekolah dan pertumbuhan anak dan remaja. Salah satu faktor yang dapat dipengaruhi bullying adalah prestasi belajar siswa. Tujuan. Mengetahui pengaruh bullying terhadap prestasi belajar siswa di SDN Pondok Cina 03 Depok. Metode. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi cross sectional. Pengambilan data dilakukan di bulan Januari 2016 dengan responden berjumlah 184 siswa. Hasil. Subjek yang tidak terlibat bullying 67 subjek (37,0%), korban bullying 65 subjek (35,3%), pelaku 6 subjek (3,3%), dan korban sekaligus pelaku 45 subjek (24,5%). Dengan uji Kai Kuadrat, tidak didapatkan hubungan yang bermakna antara status bullying dengan prestasi belajar di tiga mata pelajaran tersebut. Kesimpulan. Terdapat beberapa faktor yang dapat memengaruhi prestasi belajar, seperti sosiodemografi, komunikasi, dan fasilitas sekolah yang belum sepenuhnya diteliti pada penelitian ini.

Copyrights © 2016