Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan
Vol 2, No 1 (2017): June 2017

Pengembangan Model Permainan Tradisional Geprek Kempung dan Gobag Sodor untuk Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar

Mohammad Toha (Universitas Negeri Malang,)



Article Info

Publish Date
18 Jun 2017

Abstract

Abstract: The subjects of Social Science (IPS) close to the environment. Therefore, IPS learning, especially at the elementary level (SD), should optimally utilize the potential of the environment as a source of learning, so that learning becomes more meaningful. The general objective of this research is to produce an effective and innovative model of IPS SD learning model by utilizing existing learning resources in the traditional game-based environment. The specific purpose of this research is to produce the product of the traditional game model of geprek kempung and gobag sodor for IPS class IV learning material of Developing Production Technology and Communication, which is equipped with lesson plan (RPP), guidebook and media of both games. This research and development adopts Borg and Gall modified theories into five stages: (1) preliminary study; (2) developing the initial product; (3) expert validation and revision; (4) small-scale field trials and product revisions; and (5) large-scale field trials and final product revisions. To measure the effectiveness of the product used data collection instruments in the form of questionnaire assessment and test results learning. The results showed that the traditional game model geprek kempung and gobag sodor effectively implemented in learning learning.Abstrak: Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dekat dengan lingkungan. Oleh karena itu, pembelajaran IPS khususnya di tingkat sekolah dasar (SD), harus memanfaatkan secara optimal potensi lingkungan sebagai sumber belajar, agar pembelajaran menjadi lebih bermakna. Tujuan umum penelitian ini untuk menghasilkan sebuah produk model pembelajaran IPS SD yang efektif dan inovatif dengan memanfaatkan sumber belajar yang ada di lingkungan sekitar berbasis permainan tradisional. Tujuan khusus penelitian ini menghasilkan produk berupa model permainan tradisional geprek kempung dan gobag sodor untuk pembelajaran IPS kelas IV materi Perkembangan Teknologi Produksi dan Komunikasi, yang dilengkapi dengan RPP, buku panduan dan media kedua permainan tersebut. Penelitian dan pengembangan ini mengadopsi teori Borg dan Gall yang dimodifikasi menjadi lima tahapan, yakni: (1) studi pendahuluan; (2) mengembangkan produk awal; (3) validasi ahli dan revisi; (4) uji coba lapangan skala kecil serta revisi produk; dan (5) uji coba lapangan skala besar dan revisi produk akhir. Untuk mengukur efektifitas produk digunakan instrumen pengumpulan data berupa angket penilaian dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model permainan tradisional geprek kempung dan gobag sodor efektif dilaksanakan dalam pembelajaran pembelajaran.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jktpk

Publisher

Subject

Education

Description

Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan, ISSN 2549-7774 (online), ISSN 2548-6683 (print), is an interdisciplinary publication of original research and writing on education. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan is published by Fakultas Ilmu Pendidikan ...