Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan
Vol 2, No 1 (2017): June 2017

Keterlibatan Peserta Pada Proses Pelaksanaan Pelatihan Subkejuruan Mobil Diesel di Unit Pelaksana Teknis Pelatihan Kerja (UPT-PK) Singosari Malang

Reskie Wulan Sari (Universitas Negeri Malang)
S. Mundzir (Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
18 Jun 2017

Abstract

Abstract: The involvement of learner in the training program of mobil diesel is one of factor that will determine the successful of that program. The objective of this research is to know the forms of participant involvement, quality of participant involvement, and factors that influence participant involvement in the training implementation process. This research uses qualitative approach with research type of case study. Data collection conducted by observation, interview, and documentation method. From the research result, it is known that: (1) forms of participant involvement only limited to the learning process; (2) participant involvement divided into active and passive involvement because not all of participant that active in the training; and (3) factor that influence participant involvement is intrinsic and extrinsic factor.Abstrak: Keterlibatan peserta didik dalam program pelatihan mobil diesel merupakan salah satu faktor yang akan menentukan keberhasilan program tersebut. Tujuan penelitian ini yaitu, mengetahui bentuk-bentuk keterlibatan peserta, kualitas keterlibatan peserta, dan faktor-faktor yang mempengaruhi keterlibatan peserta pada proses pelaksanaan pelatihan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitataif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian diketahui: (1) bentuk-bentuk keterlibatan peserta hanya terbatas pada proses pembelajaran; (2) keterlibatan peserta dibedakan menjadi keterlibatan aktif dan keterlibatan pasif karena tidak semua peserta giat dalam pelatihan; dan (3) faktor yang mempengaruhi keterlibatan peserta yaitu faktor instrinsik dan faktor ekstrinsik.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jktpk

Publisher

Subject

Education

Description

Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan, ISSN 2549-7774 (online), ISSN 2548-6683 (print), is an interdisciplinary publication of original research and writing on education. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan is published by Fakultas Ilmu Pendidikan ...