Jendela Olahraga
Vol 2, No 2 (2017): Jendela Olahraga

STRATEGI IMPLEMENTASI NILAI PENDIDIKAN DALAM PEMBELAJARAN PENJAS DIKAJI DARI PERSPEKTIF LPTK

Fajar Ari Widiyatmoko (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Sep 2017

Abstract

Pendidikan Jasmani selain terbukti memberi keuntungan terhadap dimensi fisik tetapi juga diyakinimemberi keuntungan terhadap pengembangan dimensi afektif, sosial dan kognitif. Implementasi nilaipendidikan ke dalam kurikulum penjas di Indonesia bisa dibilang sempurna, namun tidak demikiandengan implementasi nilai pendidikan dalam pembelajaran penjas di sekolah. Perlu ada strategi agarnilai-nilai pendidikan yang mulia tersebut dapat direalisasikan dalam pembelajaran sehar-hari. Dariperspektif Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK), penguatan terhadap pendampingan danpengendalian proses transfer dari kurikulum sebagai dokumen ke dalam kurikulum sebagai prosespembelajaran Pendidikan Jasmani di sekolah merupakan hal yang urgen dilakukan, beberapadiantaranya adalah: 1) Meningkatkan kemampuan mahasiswa calon guru Pendidikan Jasmani dalammenerapkan berbagai inovasi untuk lebih menjamin kesesuaian antara kurikulum sebagai dokumen danproses pembelajaran Pendidikan Jasmani di sekolah, 2) Penguatan Program Pengalaman Lapangan(PPL), 3) Penguatan Program Mentoring.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jendelaolahraga

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal Jendela Olahraga merupakan terbitan ilmiah berkala nasional yang memuat artikel penelitian (research article) dalam bidang pendidikan jasmani dan olahraga. Juurnal Jendela Olahraga diharapkan dapat menjadi media untuk menyampaikan temuan dan inovasi ilmiah dalam bidang pendidikan jasmani dan ...