Gema Pendidikan
Vol 24, No 1 (2017): JURNAL GEMA PENDIDIKAN VOLUME 24 NO 1 TAHUN 2017

PEMANFAATAN KALENG BEKAS SEBAGAI MEDIA BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI SATUAN DEBIT DI KELAS VI SD NEGERI 13 KATOBU TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Wa Ode Zariati (Dinas Pendidikan Dasar dan Menengah Kabupaten Muna)



Article Info

Publish Date
05 Oct 2017

Abstract

Dalam pembelajaran matematika, keaktifan, minat belajar, dan kreatifitas siswa sangat dibutuhkan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika. Penggunaan kaleng bekas, dapat membantu siswa mengaplikasikan secara langsung cara menghitung suatu debit dari berbagai ukuran kaleng bekas yang ditemuinya. Melalui penggunaan kaleng bekas sebagai media belajar diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi satuan debit. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 13 Katobu pada siswa kelas VI tahun pelajaran 2014/2015 berjumlah 22 siswa yang terdiri atas 11 siswa laki – laki dan 11 siswa perempuan. Teknik dan alat pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan hasil tes siswa. Hasil penelitian menunjukkan dengan menggunakan kaleng bekas sebagai alat peraga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pada siklus I diperoleh ketuntasan klasikal sebesar 72,73% dengan nilai rata-rata 69,09 dan meningkat pada siklus II menjadi 90,91% dengan nilai rata-rata 79,09Kata kunci: Hasil belajar, Kaleng bekas, Satuan debit

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

GP

Publisher

Subject

Chemistry Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Gema Pendidikan is one of the publications of research results in the field of Education. Research studies in this journal cover all topics related to Education. The targets in the publication of this journal are Lecturers, Teachers, and Researchers in the field of Education. ...