Dalam pembelajaran matematika, keaktifan, minat belajar, dan kreatifitas siswa sangat dibutuhkan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika. Penggunaan kaleng bekas, dapat membantu siswa mengaplikasikan secara langsung cara menghitung suatu debit dari berbagai ukuran kaleng bekas yang ditemuinya. Melalui penggunaan kaleng bekas sebagai media belajar diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi satuan debit. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 13 Katobu pada siswa kelas VI tahun pelajaran 2014/2015 berjumlah 22 siswa yang terdiri atas 11 siswa laki – laki dan 11 siswa perempuan. Teknik dan alat pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan hasil tes siswa. Hasil penelitian menunjukkan dengan menggunakan kaleng bekas sebagai alat peraga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pada siklus I diperoleh ketuntasan klasikal sebesar 72,73% dengan nilai rata-rata 69,09 dan meningkat pada siklus II menjadi 90,91% dengan nilai rata-rata 79,09Kata kunci: Hasil belajar, Kaleng bekas, Satuan debit
Copyrights © 2017