Gema Pendidikan
Vol 24, No 1 (2017): JURNAL GEMA PENDIDIKAN VOLUME 24 NO 1 TAHUN 2017

PENGARUH MOTIVASI KERJA, SIKAP PROFESIONAL, DAN KEMAMPUAN GURU DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP KINERJA GURU SD YANG SEMENTARA KULIAH PADA PROGRAM S1 PGSD JURUSAN ILMU PENDIDIKAN FKIP UHO TAHUN AKADEMIK 2011/2012 SDA 2013/2014 DI SULAWESI TENGGARA

Muhammad Yasin - (Universitas Halu Oleo)



Article Info

Publish Date
05 Oct 2017

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh langsung (1) Motivasi kerja terhadap kemampuan guru dalam pembelajaran, (2) Sikap professional terhadap kemampuan dalam pembelajaran, (3) Motivasi kerja terhadap kinerja guru, (4) Sikap professional terhadap kinerja guru, (5) Kemampuan dalam pembelajaran terhadap kinerja guru. Penelitian ini menggunakan metode survey, data dikumpulkan dari 72 orang sampel yang diperoleh melalui random sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) terdapat pengaruh positif secara langsung motivasi kerja terhadap kemampuan guru dalam pembelajaran dengan koefisien jalur 0,481, (2) terdapat pengaruh positif secara langsung sikap propesional terhadap kemampuan guru dalam pembelajaran dengan koefisien jalur 0,255, (3) terdapat pengaruh positif secara langsung motivasi kerja terhadap kinerja guru, koefisien jalur 0,270, (4) terdapat pengaruh positif secara langsung sikap professional terhadap kinerja guru dengan koefisien jalur 0,481, dan (5) terhadap pengaruh positif secara langsung kemampuan guru dalam pembelajaran terhadap kinerja guru koefisien jalur 0,246.Kata kunci: Motivasi kerja, Sikap professional, Kinerja guru

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

GP

Publisher

Subject

Chemistry Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Gema Pendidikan is one of the publications of research results in the field of Education. Research studies in this journal cover all topics related to Education. The targets in the publication of this journal are Lecturers, Teachers, and Researchers in the field of Education. ...