Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh langsung (1) Motivasi kerja terhadap kemampuan guru dalam pembelajaran, (2) Sikap professional terhadap kemampuan dalam pembelajaran, (3) Motivasi kerja terhadap kinerja guru, (4) Sikap professional terhadap kinerja guru, (5) Kemampuan dalam pembelajaran terhadap kinerja guru. Penelitian ini menggunakan metode survey, data dikumpulkan dari 72 orang sampel yang diperoleh melalui random sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) terdapat pengaruh positif secara langsung motivasi kerja terhadap kemampuan guru dalam pembelajaran dengan koefisien jalur 0,481, (2) terdapat pengaruh positif secara langsung sikap propesional terhadap kemampuan guru dalam pembelajaran dengan koefisien jalur 0,255, (3) terdapat pengaruh positif secara langsung motivasi kerja terhadap kinerja guru, koefisien jalur 0,270, (4) terdapat pengaruh positif secara langsung sikap professional terhadap kinerja guru dengan koefisien jalur 0,481, dan (5) terhadap pengaruh positif secara langsung kemampuan guru dalam pembelajaran terhadap kinerja guru koefisien jalur 0,246.Kata kunci: Motivasi kerja, Sikap professional, Kinerja guru
Copyrights © 2017