Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa Kelas VIII.2 SMP Negeri 1 Raha tentang konsep sistem gerak pada manusia melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together. Desain penelitian yang digunakan adalah desain penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus, dengan tahapan: (1) perencanaan (planning); (2) pelaksanaan tindakan (action); (3) observasi dan evaluasi (observation and evaluation); dan (4) refleksi (reflection). Setiap siklus dilaksanakan dalam dua kali pertemuan. Hasil belajar formatif siswa pada siklus I mencapai rata-rata 82,06 dengan persentase ketuntasan mencapai 87,50%. Hasil belajar formatif siswa pada siklus II mencapai rata-rata 90,39 dengan persentase ketuntasan mencapai 100%. Hasil evaluasi sumatif konsep sistem gerak pada manusia mencapai skor rata-rata 76,25 dengan ketuntasan klasikal yang dicapai pada pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together adalah 87,50%.Kata Kunci: Hasil belajar, Kooperatif tipe Numbered Heads Together, Sistem gerak
Copyrights © 2017