Penelitian ini untuk mengetahui efektivitas metode pembelajaran dan kemampuan gerak dasar terhadap keterampilan dribling pada permainan sepak bola pada siswa SMA Negeri 7 Kendari. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan desain faktorial 2 X 2. Data dianalisis dengan menggunakan teknik statistik Anava 2 jalur Dari hasil penelitian diperoleh : 1) Seara keseluruhan terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan dribling bola pada permainan sepak bola antara kelompok siswa yang diajar dengan metode pembelajaran drill dengan kelompok sisiwa yang diajar dengan metode pembelajaran taktis dimana metode drill lebih baik dari metode pembelajaran taktis.2)Metode pembelajaran drill pada kelompok yang memiliki kemampuan motorik tinggi lebih dari metode pembelajaran taktis. 3) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada kelompok yang memiliki kemampuan gerak dasar rendah antara kelompok siswa yang diajar dengan metode pembelajaran drill dengan kelompok sisiwa yang diajar dengan metode pembelajaran taktis.4) Tidak terdapat pengaruh faktor interaksi antara metode mengajar dengan kemampuan motorik dasar terhadap keterampilan dribling bola pada permainan sepak bola. Kata Kunci : Keterampilan dribling, pembelajaran driil, pembelajarn taktis
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2015