Gema Pendidikan
Vol 22, No 2 (2015): JURNAL GEMA PENDIDIKAN VOLUME 22 NO 2 TAHUN 2015

EFEKTIFITAS METODE PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN MOTORIK DASAR TERHADAP KETEREMPILAN DRIBLING BOLA SISWA SMANEGERI 7 KENDARI

Saifu - - (Universitas Halu Oleo)



Article Info

Publish Date
05 Oct 2017

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui efektivitas metode pembelajaran dan kemampuan gerak dasar terhadap keterampilan dribling pada permainan sepak bola pada siswa SMA Negeri 7 Kendari. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan desain faktorial 2 X 2. Data dianalisis dengan menggunakan teknik statistik Anava 2 jalur Dari hasil penelitian diperoleh : 1) Seara keseluruhan terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan dribling bola pada permainan sepak bola antara kelompok siswa yang diajar dengan metode pembelajaran drill dengan kelompok sisiwa yang diajar dengan metode pembelajaran taktis dimana metode drill lebih baik dari metode pembelajaran taktis.2)Metode pembelajaran drill pada kelompok yang memiliki kemampuan motorik tinggi lebih dari metode pembelajaran taktis. 3) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada kelompok yang memiliki kemampuan gerak dasar rendah antara kelompok siswa yang diajar dengan metode pembelajaran drill dengan kelompok sisiwa yang diajar dengan metode pembelajaran taktis.4) Tidak terdapat pengaruh faktor interaksi antara metode mengajar dengan kemampuan motorik dasar terhadap keterampilan dribling bola pada permainan sepak bola. Kata Kunci : Keterampilan dribling, pembelajaran driil, pembelajarn taktis

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

GP

Publisher

Subject

Chemistry Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Gema Pendidikan is one of the publications of research results in the field of Education. Research studies in this journal cover all topics related to Education. The targets in the publication of this journal are Lecturers, Teachers, and Researchers in the field of Education. ...