JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika)
Vol 3, No 1 (2018)

KETRAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMA BERDASARKAN TAHAPAN WALLAS DALAM MEMECAHKAN MASALAH PROGRAM LINEAR DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT (AQ)

Moh. Hasanuddin (STKIP Al Hikmah Surabaya, Jl. Kebonsari ElvekaV Surabaya, Jawa Timur)
Moch. Lutfianto (STKIP Al Hikmah Surabaya, Jl. Kebonsari ElvekaV Surabaya, Jawa Timur)



Article Info

Publish Date
06 Jun 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan keterampilan berpikir kreatif siswa dalam memecahkan masalah ditinjau dari Adversity Quotient (AQ) siswa kelas XI IPS tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini mengunakan penelitian deskriptif dengan  pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan datanya dilakukan dengan pemberian angket dan tes yang berupa soal penyelesaian masalah. Hasil  menunjukan bahwa siswa IPS yang memiliki tingkat AQ tinggi dan  AQ sedang cenderung tidak putus semangat dalam menyelesaikan masalah dan terus mencoba dengan beberapa cara yang dia miliki, sedangkan untuk siswa yang memiliki AQ rendah cenderung  malas dan kurang mampu untuk menyelesaikan masalah sedang dalam kekreatifan yang dimiliki oleh ketiganya adalah hampir sama, namun  perbedaan yang sangat menonjol adalah letak usaha yang dimiliki oleh ketiga siswa tersebut. Oleh karena itu diperlukan upaya guru untuk memberikan soal berbasis masalah dan menganjurkan kepada siswa untuk selalu berusaha dalam menyelesaikannya.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JIPMat

Publisher

Subject

Education

Description

JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) is registered with p-ISSN 2502-7638 and e-ISSN 2502-8391 is a scientific journal of Mathematics Education Department Universitas PGRI Semarang which focuses on the delivery of information on mathematics education from elementary school to university high. ...