Gema Pendidikan
Vol 24, No 1 (2017): JURNAL GEMA PENDIDIKAN VOLUME 24 NO 1 TAHUN 2017

PENERAPAN MODEL CONCEPT TEACHING PENDEKATAN DIRECT PRESENTATION UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA-BIOLOGI SISWA KELAS VIIIA SMP NEGERI 7 BAUBAU

Asmawati Munir - (Universitas Halu Oleo)



Article Info

Publish Date
05 Oct 2017

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar biologi siswa kelas VIIIA SMP Negeri 7 Baubau melalui penerapan model concept teaching pendekatan direct presentation. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tiga siklus belajar, dengan tahapan: perencanaan; pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Data dikumpulkan menggunakan tes hasil belajar serta lembar observasi guru dan siswa, yang kemudian dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Keberhasilan tindakan aktivitas siswa siklus I mencapai skor dengan rerata 2,66, pada siklus II yaitu 3,5 dan pada siklus III yaitu 3,78. Keberhasilan tindakan aktivitas guru pada siklus I mencapai skor rerata 2,96, siklus II mencapai 3,71 dan siklus III mencapai 3,92. Rerata pencapaian hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 64,58, siklus II mencapai 72,5 dan siklus III mencapai 81,46. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan model concept teaching pendekatan direct presentation dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar biologi siswa kelas VIIIA SMP Negeri 7 Baubau.Kata Kunci: Model concept Teaching, Pendekatan Direct Presentation, Aktivitas dan hasil belajar

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

GP

Publisher

Subject

Chemistry Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Gema Pendidikan is one of the publications of research results in the field of Education. Research studies in this journal cover all topics related to Education. The targets in the publication of this journal are Lecturers, Teachers, and Researchers in the field of Education. ...