Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar IPA siswa kelas I.A SD Negeri 9 Kabangka pada materi pokok sumber energi gerak melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning. Desain penelitian ini mengikuti desain penelitian tindakan kelas. Prosedur penelitian ini yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Analisis data dilakukan dengan statistik deskriptif. Pada siklus I nilai rata-rata kelas sebesar 73. Pada siklus II terjadi peningkatan nilai rata-rata kelas sebesar 9,67 (pada siklus I sebesar 73,23 menjadi 82,90 pada siklus II). Jumlah siswa yang mencapai batas tuntas pada siklus I mencapai 78,57% sedangkan pada siklus II jumlah siswa yang mencapai batas tuntas mencapai 95,24% (mengalami peningkatan sebesar 16,67%). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah prestasi belajar IPA siswa kelas I.A SD Negeri 9 Kabangka pada materi sumber energi gerak dapat ditingkatkan melalui penerapan model pembelajaran PBL.Kata Kunci: Prestasi belajar IPA, Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL)
Copyrights © 2017