Penelitian imi bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa XI.IPA1 SMA Negeri 1 dengan materi trigonometri melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Make A Match. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Prosedur penelitian ini mengikuti desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan prosedur: (1) perencanaan; (2) pelaksanaan tindakan; (3) observasi dan evaluasi serta (4) refleksi. Indikator keberhasilan penelitian ini yaitu 80% proses pelaksanaan pembelajaran telah sesuai dengan skenario pembelajaran menggunakan model kooperati tipe Make A Match dan minimal 80% siswa tuntas secara klasikal. Ketuntasan klasikal yang dapat dicapai adalah 100%. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan model pembelajaraan Kooperatif Tipe Make A Match dapat meningkatakan hasi belajara siswa tentang materi trigonometri.Kata Kunci: Hasil belajar, Kooperatif tipe Make A Match
Copyrights © 2017