Motivasi dan aktivitas belajar mahasiswa dalam pembelajaran kimia unsur sangat rendah. Hal ini berimbas pada rendahnya rerata hasil belajar mahasiswa dari tahun ke tahun yang selalu <61. Penerapan Lesson Study berbasis model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw diharapkan mampu meningkatkan motivasi dan aktivitas belajar mahasiswa sehingga hasil belajar kimia unsur meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar mahasiswa melalui implementasi Lesson Study berbasis model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada pokok bahasan kimia unsur. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga Open Class, masing-masing Open Class terdiri dari tiga tahapaan utama : Plan, Do, See. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan kimia FKIP UHO angkatan 2014 yang berjumlah 72 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi dan tes essay. Berdasarkan analisis data hasil penelitian, persentase aktivitas belajar mahasiswa mengalami peningkatan dari Open Class I ke Open Class II yakni sebesar 15,83% dan dari Open Class II ke Open Class III meningkat sebesar 11,67%. Hasil belajar mahasiswa berkisar 41,67-92,00 dengan rerata 67,33, dimana sebanyak 57 atau 79,17% mahasiswa memiliki nilai ≥ 61 dan 15 atau 20,83 % mahasiswa memiliki nilai ≤ 61. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan Lesson Study berbasis model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar kimia unsur pada mahasiswa Pendidikan Kimia FKIP UHO. Kata kunci: hasil belajar kimia, lesson study, kooperatif Jigsaw
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2016