Gema Pendidikan
Vol 24, No 1 (2017): JURNAL GEMA PENDIDIKAN VOLUME 24 NO 1 TAHUN 2017

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA SISWA KELAS I.A SDN 9 KABAWO MATERI AJAR SUMBER ENERGI GERAK

Wa Ndolawa - (Universitas Halu Oleo)



Article Info

Publish Date
05 Oct 2017

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas I.A SD Negeri 9 Kabawo dengan menggunakan model pembelajaran Contextual teaching and Learning (CTL). Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas I.A SD Negeri 9 Kabawo tahun ajaran 2013/2014. Desain penelitian ini mengikuti desain penelitian tindakan kelas dengan prosedur penelitian yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus tindakan yang masing-masing siklus dilaksanakan sebanyak dua kali pertemuan. Data yang diperoleh pada penelitian ini adalah data primer berupa aktivitas dan hasil belajar yang diperoleh dari lembar observasi dan tes hasil belajar. Analisis data dilakukan dengan statistik deskriptif. Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I adalah 67,14 dengan presentase ketuntasan klasikal sebesar 47,62. Pada siklus II persentase ketuntasan belajar IPA siswa secara klasikal meningkat menjadi 80,48.Kata Kunci: Hasil belajar IPA, Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL)

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

GP

Publisher

Subject

Chemistry Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Gema Pendidikan is one of the publications of research results in the field of Education. Research studies in this journal cover all topics related to Education. The targets in the publication of this journal are Lecturers, Teachers, and Researchers in the field of Education. ...