Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas I.A SD Negeri 9 Kabawo dengan menggunakan model pembelajaran Contextual teaching and Learning (CTL). Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas I.A SD Negeri 9 Kabawo tahun ajaran 2013/2014. Desain penelitian ini mengikuti desain penelitian tindakan kelas dengan prosedur penelitian yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus tindakan yang masing-masing siklus dilaksanakan sebanyak dua kali pertemuan. Data yang diperoleh pada penelitian ini adalah data primer berupa aktivitas dan hasil belajar yang diperoleh dari lembar observasi dan tes hasil belajar. Analisis data dilakukan dengan statistik deskriptif. Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I adalah 67,14 dengan presentase ketuntasan klasikal sebesar 47,62. Pada siklus II persentase ketuntasan belajar IPA siswa secara klasikal meningkat menjadi 80,48.Kata Kunci: Hasil belajar IPA, Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL)
Copyrights © 2017