Menulis adalah keterampilan yang harus dimiliki siswa yang termasuk dalam keterampilan dalam berbahasa indonesia perlu dilatihkan sedini mungkin. Kenyataannya hasil belajar siswa dalam keterampilan menulis surat untuk teman sebaya masih banyak yang belum mencapai KKM dan proses pembelajaran masih berpusat pada guru. Salah satu model pembelajaran yang sesuai adalah Think Talk Write karena dalam proses pembelajarannya dapat melatih siswa berpikir dan mengembangkan keterampilan menulisnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan dua siklus penelitian. hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapka model TTW nilai siswa yang dapat mencapai KKM persentasenya bertambah pada tiap siklusnya. Selain itu persentase aktivitas guru pada tiap siklus pembelajarannya pun bertambah, ini menunjukan bahwa aktivitas yang guru lakukan berdampak pada hasil belajar siswa.Kata Kunci: Think Talk Write, Keterampilan menulis surat
Copyrights © 2017