Gema Pendidikan
Vol 24, No 1 (2017): JURNAL GEMA PENDIDIKAN VOLUME 24 NO 1 TAHUN 2017

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS SURAT SISWA KELAS IV SDN 10 POASIA

Nurhan - - (Dinas Pendidikan Kota Kendari Sulawesi Tenggara)



Article Info

Publish Date
06 Oct 2017

Abstract

Menulis adalah keterampilan yang harus dimiliki siswa yang termasuk dalam keterampilan dalam berbahasa indonesia perlu dilatihkan sedini mungkin. Kenyataannya hasil belajar siswa dalam keterampilan menulis surat untuk teman sebaya masih banyak yang belum mencapai KKM dan proses pembelajaran masih berpusat pada guru. Salah satu model pembelajaran yang sesuai adalah Think Talk Write karena dalam proses pembelajarannya dapat melatih siswa berpikir dan mengembangkan keterampilan menulisnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan dua siklus penelitian. hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapka model TTW nilai siswa yang dapat mencapai KKM persentasenya bertambah pada tiap siklusnya. Selain itu persentase aktivitas guru pada tiap siklus pembelajarannya pun bertambah, ini menunjukan bahwa aktivitas yang guru lakukan berdampak pada hasil belajar siswa.Kata Kunci: Think Talk Write, Keterampilan menulis surat

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

GP

Publisher

Subject

Chemistry Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Gema Pendidikan is one of the publications of research results in the field of Education. Research studies in this journal cover all topics related to Education. The targets in the publication of this journal are Lecturers, Teachers, and Researchers in the field of Education. ...