Masalah yang sangat mendasar yang dihadapi siswa dalam pembelajaran IPS di SMP Satria Kendari adalah sulitnya sisa memahami dan mengerti materi yang disajikan oleh guru. Hal ini antara ain dsebabkan oleh kurangnya guru menerapkan model pembelajaran yang bervariasi. Untuk mengatasi masalah pembelajaran tersebut salah satunya adalah guru dapat menerapkan model pembelajaran participatory action-learning, terutama untuk mata pelajaran IPS terpadu tersebut. Model pembelajaran participatory action-learning tersebut memiliki banyak kelebihan, salah atunya adalah keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran dengan menekankan pada learning to do (belajar sambil berbuat) dan learning to live together (belajar bekerjasama). Oleh karena itu, untuk memotivasi dan mengaktifkan siswa dalam proses pembelajaran IPS Terpadu pada siswa SMP Satria Kendari dapat dilakukan melalui guru menggunakan model pembelajaran participatory action-learning. Dengan demikian hasil belajar dan pemahaman siswa untuk mempelajari dan mengikuti proses pembelajaran IPS Terpadu dapat meningkat dan siswa menjadi aktif dalam proses pembelajaran tersebut. Kata Kunci : Model Pembelajaran, Participatory Action-Learning, IPS Terpadu
Copyrights © 2016