Gema Pendidikan
Vol 24, No 1 (2017): JURNAL GEMA PENDIDIKAN VOLUME 24 NO 1 TAHUN 2017

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KIMIA KELAS X1 PADA MATERI POKOK STRUKTUR ATOM DI SMA NEGERI 1 LOHIA

Asmal Tifa - (Universitas Halu Oleo)



Article Info

Publish Date
05 Oct 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas dan hasil belajar kimia siswa kelas X1 SMA Negeri 1 Lohia pada materi pokok struktur atom melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Lohia pada siswa kelas X1 tahun pelajaran 2013/2014 yang berjumlah siswa 22 siswa yang terdiri atas 11 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Data dikumpulkan dengan cara observasi, wawancara dan tes hasil belajar. Hasil observasi aktivitas siswa siklus I dan siklus II menunjukkan bahwa proses pembelajaran menjadi lebih efektif. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pada siklus I diperoleh ketuntasan belajar siswa secara klasikal sebesar 46%, dengan nilai rata-rata 64, kemudian meningkat pada siklus II diperoleh ketuntasan belajar siswa secara klasikal menjadi 86% dengan nilai rata-rata 76.Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif NHT, Aktivitas belajar, Hasil belajar

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

GP

Publisher

Subject

Chemistry Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Gema Pendidikan is one of the publications of research results in the field of Education. Research studies in this journal cover all topics related to Education. The targets in the publication of this journal are Lecturers, Teachers, and Researchers in the field of Education. ...