Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan profil Disposisi Matematis (Mathematical Disposition) mahasiswa program studi pendidikan matematika Universitas PGRI Semarang pada mata kuliah Kalkulus Integral. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang dengan pertimbangan kemudahan komunikasi antara peneliti dengan mahasiswa karena peneliti adalah dosen dari mahasiswa yang bersangkutan, dan belum pernah diadakan penelitian tentang profil Disposisi Matematis mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika UPGRIS pada mata kuliah Kalkulus Integral. Penelitian ini menunjukkan bahwa profil Disposisi Matematis mahasiswa program studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang pada mata kuliah Kalkulus Integral meliputi: rasa percaya diri (self confidence), rasa diri mampu (self efficacy), rasa ingin tahu (curiousity), rajin dan tekun (deligence), fleksibel (flexibillity), reflektif (reflective).
Copyrights © 2017