EduChemia: Jurnal Kimia dan Pendidikan
Vol 3, No 1 (2018)

Analisis Struktur Kognitif Siswa Dengan Metode Flowmap Dalam Materi Asam Basa Menggunakan Model Learning Cycle 8E

Elsa Mahardika (Universitas Negeri Jakarta)
Nurbaity Nurbaity (Program Studi Pendidikan Kimia, FMIPA, Universitas Negeri Jakarta Jl Pemuda No. 10, Rawamangun 13220, Jakarta, Indonesia)
Achmad Ridwan (Program Studi Pendidikan Kimia, FMIPA, Universitas Negeri Jakarta Jl Pemuda No. 10, Rawamangun 13220, Jakarta, Indonesia)
Yuli Rahmawati (Program Studi Pendidikan Kimia, FMIPA, Universitas Negeri Jakarta Jl Pemuda No. 10, Rawamangun 13220, Jakarta, Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2018

Abstract

Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk menganalisis struktur kognitif siswa kelas XI dengan metode flow map dalam materi asam basa menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 8E.  Subjek penelitian adalah 36 siswa kelas XI MIA 4 SMA N 54 Jakarta. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui instrumen tes pemahaman, wawancara, flow map, observasi, reflektif jurnal dan lembar kerja siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa membangun struktur kognitif berdasarkan pemahaman dan pengalaman siswa. Model pembelajaran Learning Cycle 8E memiliki dampak terhadap perkembangan struktur kognitif dan softskill siswa. Berdasarkan hasil penelitian, terlihat bahwa selama mengikuti model pembelajaran Learning Cycle 8E persentase siswa yang mengalami miskonsepsi menurun dan pesentase siswa yang paham meningkat Hal ini membuktikan bahwa model pembelajaran Learning Cycle 8E dapat mengatasi miskonsepsi siswa. Model pembelajaran model pembelajaran Learning Cycle 8E juga berdampak terhadap perkembangan softskill siswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa siswa sudah menerapkan sikap menghormati dan menghargai temanya dalam menghadapi perbedaan pendapat.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

EduChemia

Publisher

Subject

Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Chemistry Education Materials Science & Nanotechnology

Description

Focus and Scope Educhemia (Jurnal Kimia dan Pendidikan) is Periodicals published the results of research related to the development of science and technology in the field of Chemistry and Chemistry education as a form of intellectual property Chemistry: Organic chemistry, Inorganic chemistry, ...