Tujuan penelitian adalah untuk memperoleh gambaran tentang upaya meningkatkan hasil belajar siswa melalui metode pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) di kelas X SMA Negeri 1 Sekayam Kabupaten Sanggau. Metode yang digunakan adalah penelitian Tindakan dengan bentuk Penelitian Tindakan Kelas. Rancangan yang digunakan adalah dengan menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Teknik dan alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian adalah teknik observasi langsung, teknik komunikasi langsung, teknik pengukuran dan studi dokumenter kemudian alat pengumpul data yang digunakan adalah pedoman observasi, panduan wawancara, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Hasil analisis data sebagai berikut: (1) Hasil belajar siswa kelas Xg SMA Negeri 1 Sekayam Kabupaten Sanggau pada siklus I masuk dalam kategori tinggi berdasarkan hasil post test yang diberikan sebanyak 25 siswa atau 75,15% dan 15 orang siswa yang masih belum tuntas; dan (2) Pada siklus II mengalami peningkatan yaitu kategori sangat tinggi berdasarkan hasil post test yang diberikan ada sebanyak 33 siswa atau 82,35% . Kata Kunci: hasil belajar siswa, pembelajaran Value Clarification Technique.
Copyrights © 2017