Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 5, No 2: Juli 2014

Pemecahan Masalah Matematika dengan Pendekatan Teori Pembelajaran Perilaku pada Siswa Sekolah Menengah Atas

La Misu (Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Oleo)
& Rosdiana (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Mar 2017

Abstract

Tujuan penulisan ini adalah: (1) Menetapkan  langkah-langkah pemecahan masalah matematik siswa melalui model pembelajaran perilaku, dan (2) menyusun implementasi model pembelajaran perilaku kaitannya dengan pemecahan masalah matematik baik siswa kelas XII IPA maupun kelas XII IPS. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII SMAN 7 Kendari, yang terdiri dari satu kelas IPA dan satu kelas IPS tahun ajaran 2014/2015.  Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan 1). Langkah-langkah model pembelajaran perilaku dalam pemecahan masalah matematik siswa sebagai berikut (a) pemilihan kooperatif sebagai pendekatan pembelajaran, (b) Pemberian masalah matematik, (c)  Pemecahan masalah lebih ditekankan pada masalah dunia nyata, (d) Penyelesaian masalah matematik dengan berbagai cara, dan (f) Pemberikan penguatan positif dan penguatan negative. dan 2). Penggunaan model pembelajaran perilaku di SMAN 7 Kendari baik kelas IPA maupun kelas IPS umumnya cukup efektif, dengan rata-rata presentase partisipasi siswa sebesar 71% dan pelaksanaan proses pembelajaran oleh guru sebesar 76%.Kata Kunci: Pemecahan Masalah Matematik, Teori Pembelajaran Perilaku

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

JPM

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika dikelola oleh Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo dengan terbitan pertama versi cetak dimulai Januari 2011 sedangkan terbitan pertama versi online pada bulan januari 2018. Jurnal ini terbit dua kali setahun yaitu ...