Abstrak. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kesalahan penggunaan kalimat dalam makalah mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian berupa 25 makalah yang ditulis oleh mahasiswa Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) tahun akademik 2016/2017. Teknik pengumpulkan data menggunakan dokumentatif, sedangkan teknik analisis data menggunakan prosedur kerja analisis kesalahan berbahasa yang meliputi, identifikasi data, klasifikasi data, dan penentuan frekuensi kesalahan, serta menyajikan perbaikannya. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh 94 kesalahan berbahasa yang meliputi kesalahan dalam aspek struktur kalimat 24,7%, kesejajaran 16,5%, ejaan 26,8%, diksi 23,7%, dan kelogisan 5,32 %. Kesalahan terbanyak dalam penggunaan kalimat efektif terdapat pada kesalahan penggunaan struktur kalimat, ejaan, dan diksi. Oleh karena itu, perlu upaya yang harus dilakukan dalam mengatasi kesalahan penggunaaan kalimat dengan membaca buku tata bahasa atau PUEBI, kamus, dan buku-buku penunjang lainnya. Selain itu, hasil penelitian ini berimplikasi pada perbaikan bahan ajar bahasa Indonesia dan teknik penyajian dalam proses pembelajaran.Kata Kunci: kalimat efektif, karya tulis ilimiah, mahasiswa Abstract. The purpose of this study is to describe the abuse of effective sentences in student papers. This research use desciptive qualitative approach. The source of research data in the form of 25 papers written by students of Elementary School Teacher Education (PGSD) academic year 2016/2017 Data collection techniques use documentation. While the technique of data analysis using the working procedure of language error analysis that includes, data identification, data classification, and the determination of error frequency and presents the improvement. Based on the result of data analysis, there are 94 language errors which include in the aspect of sentence structure 24,7%, alignment 16,5%, spelling 26,8%, diction 23,7%, and logical 5,32%. The most effective use of effective sentences on errors in the use of sentence structure, spelling, and diction. The most effective use on errors in the of sentence structure, spelling, and diction. Therefore, it is necessary effort to be done in overcoming the effective use of sentence by reading the grammar book or PUEBI, dictionary, and other supporting books. In addition, the results of this study have implications for improvements in Indonesian teaching materials and Indonesian language techniques in the learning process.Keywords: effective sentences, papers, student
Copyrights © 2018