Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 2, No 2: Juli 2011

Efektivitas Penerapan Quantum Teaching Terhadap Hasil Belajar Matematika Sekolah Dasar

Muchtar Ibrahim & (Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Oleo)
Andi Mifthahul Janna Murti (Alumni Pendidikan Matematika FKIP Universitas Haluoleo)



Article Info

Publish Date
03 Nov 2017

Abstract

Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran Quantum Teaching dibandingkan dengan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar matematika. Populasi adalah seluruh kelas IV Sekolah Dasar yang terdiri dari tiga kelas, sementara sampelnya dua kelas diperoleh secara random yaitu kelas Va dan Vc masing–masing sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil analisis deskrptif dan inferensial menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara perlakuan disatu pihak dan kontrol di pihak lainnya. Artinya pembelajaran Quantum Teaching lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.Kata kunci : efektivitas, pembelajaran quantum teaching

Copyrights © 2011






Journal Info

Abbrev

JPM

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika dikelola oleh Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo dengan terbitan pertama versi cetak dimulai Januari 2011 sedangkan terbitan pertama versi online pada bulan januari 2018. Jurnal ini terbit dua kali setahun yaitu ...