Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 4, No 1: Januari 2013

Penerapan Pendekatan Open-Ended Uuntuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa SMP

Lambertus . (Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Oleo)
La Arapu & (Unknown)
Tandri Patih (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Mar 2017

Abstract

Penelitian eksperimen ini, bertujuan untuk mengkaji secara komprehensif peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematik siswa, setelah diajar dengan menggunakan pendekatan open-ended dan pendekatan konvensional, serta mengkaji perbedaan peningkatan kedua kelas tersebut. Hasil penelitian yang diperoleh: (1) Terdapat peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematik siswa yang signifikan pada kelas yang pembelajarannya menggunakan pendekatan open-ended, dengan peningkatan sebesar 0,56, sehingga memiliki klasifikasi sedang. Sedangkan kelas yang pembelajarannya menggunakan pendekatan konvensional, peningkatannya sebesar 0,28, sehingga memiliki klasifikasi rendah. (2) Peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematik siswa yang diajar dengan menggunakan pendekatan open-ended lebih baik secara signifikan dari pada siswa yang diajar dengan menggunakan pendekatan konvensional. Kata kunci: Pendekatan Open-ended, Kemampuan Berpikir Kreatf.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

JPM

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika dikelola oleh Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo dengan terbitan pertama versi cetak dimulai Januari 2011 sedangkan terbitan pertama versi online pada bulan januari 2018. Jurnal ini terbit dua kali setahun yaitu ...