Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 1, No 2: Juli 2010

Mengembangkan Kemampuan Pemahaman dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Atas Melalui Model-Electing Activities

Yanto Permana (Widyaiswara Muda pada P4TK Bidang Mesin dan Teknik Industri, Bandung, Jawa Barat)



Article Info

Publish Date
03 Nov 2017

Abstract

Penelitian ini mengkaji pengaruh model-eliciting activities terhadap kemampuan pemahaman dan komunikasi matematis siswa SMA dengan desain kelompok kontrol pretes-postes. Sampel sebanyak 219 siswa dari tiga kluster SMA. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa terhadap kemampuan pemahaman dan komunikasi matematis: (1) pembelajaran MEAs berpengaruh lebih besar daripada kluster sekolah dan kemampuan awal matematik; (2) tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dan kluster sekolah dan antara pembelajaran dan KAM. Di samping itu, terdapat asosiasi yang tinggi antara kemampuan pemahaman dan komunikasi matematis. 

Copyrights © 2010






Journal Info

Abbrev

JPM

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika dikelola oleh Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo dengan terbitan pertama versi cetak dimulai Januari 2011 sedangkan terbitan pertama versi online pada bulan januari 2018. Jurnal ini terbit dua kali setahun yaitu ...