Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 7, No 1: Januari 2016

Pengaruh Variasi Model Pembelajaran Kooperatif dan Gaya Berpikir Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika SMAN 2 Kendari

Moh. Salam & Ervianto (Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Oleo)



Article Info

Publish Date
08 Mar 2017

Abstract

Penelitian eksperimen ini menggunakan desain 2x2 faktorial bertujuan mempelajari pengaruh interaksi variasi model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw-TSTS, STAD, dan gaya berpikir siswa sebagai level  yaitu gaya berpikir divergen dan konvergen terhadap hasil belajar matematika pada SMA Negeri 2 Kendari dengan jumlah sampel 60 siswa. Hasil analisis menunjukkan faktor interaksi variasi model pembelajaran kooperatif dan gaya berpikir siswa melalui desain A*B, desain A A*B, desain B A*B, dan desain A B A*B (A= variasi model pembelajaran kooperatif dan B= gaya berpikir siswa) melalui uji-F, semuanya menerima Ho yang berarti bahwa keempat model yang diterapkan mempunyai pengaruh yang tidak signifikan. Oleh karena rerata hasil belajar pada semua sel yang dibentuk oleh faktor A dan B mempunyai perbedaan yang relatif kecil.Kata kunci: Variasi model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw-TSTS dan STAD, Gaya Berpikir, Hasil Belajar Matematika.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

JPM

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika dikelola oleh Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo dengan terbitan pertama versi cetak dimulai Januari 2011 sedangkan terbitan pertama versi online pada bulan januari 2018. Jurnal ini terbit dua kali setahun yaitu ...