JURNAL PENELITIAN SAINTIKA
Vol 17, No 2 (2016): SEPTEMBER 2016

MODEL INOVASI PRODUK BERBASIS KNOWLEDGE MANAGEMENTDAN INTELLECTUAL CAPITAL MENUJU BISNIS SYARIAHYANG BERDAYA SAING

Budiarta, Kustoro (Unknown)
Harahap, Khairunnisa (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2017

Abstract

Secara umum Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan suatu model strategi inovasi produk berbasis knowledge management dan intellectual capital (human capital dan  social capital) yang lebih komprehensif dan secara operasional penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui pengaruh knowledge management terhadap human capital 2). Untuk mengetahui pengaruh knowledge management terhadap social capital 3). Untuk mengetahui pengaruh knowledge management terhadap inovasi produk 4) Untuk mengetahui pengaruh human capital terhadap inovasi produk dan 5) Untuk mengetahui pengaruh social capital terhadap inovasi produk.Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan ex post facto. Sampel dalam penelitian ini adalah manajer bank syariah di Kota Medan sebanyak 100 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dengan cronbach alpha sebesar 0,872 untuk inovasi produk, 0,910 untuk knowledge management, 0,925 untuk human capital dan 0,814 untuk social capital. Analisis data digunakan statistik deskriptif dan uji hipotesis menggunakan path analysis. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa : 1. terdapat pengaruh langsung antara knowledge management terhadaphuman capital dengan koefisien jalur sebesar 0,424 dengan taraf signifikansi 0,000, 2) terdapat pengaruh langsung antara knowledge management terhadap social capital dengan nilai koefisien jalur sebesar 0,221 dengan taraf signifikansi 0,037, 3) terdapat pengaruh langsung antara knowledge management terhadap inovasi produk dengan koefisien jalur sebesar 0,197 dengan taraf signifikansi sebesar 0,046, 4) terdapat pengaruh langsung antara human capital terhadap inovasiprodukdengan nilai koefisien jalu sebesar 0,187 dengan taraf signifikansi 0,048 dan 5) terdapat pengaruh langsung antarasocial capital terhadap inovasi produk denngan nilai koefisien jalur sebesar 0,200 dengan taraf signifikansi 0,038. Model penelitian ini ditunjukkan dengan persamaan sebagai berikut : substruktur-1 : X2 = 0,424X1 + 7,538, Substruktur-2 : X3 = 0,221X3 + 7,240 dan Substruktur-3 : X4 = 0,197X1 + 0,187X2 + 0,200X3 + 5,117

Copyrights © 2016