Jurnal Penelitian Pendidikan
Vol 16, No 2 (2016): PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI PENGGUNAAN MASALAH KONTEKSTUAL MATEMATIKA

Zahrah, Riza Fatimah (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Oct 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan kemampuan menyelesaikan soal cerita dan motivasi belajar siswa sebagai akibat dari. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen, dengan desain yang digunakan adalah ‘nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 2 Manisloor dan siswa kelas V SDN 2 Maniskidul. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan menyelesaikan soal cerita dan angket skala serta lembar observasi untuk menganalisis motivasi belajar siswa. Analisis statistic yang digunakan dalam penelitian ini adalah adalah independent sample t-test, Mann Whitney U. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan kemampuan menyelesaikan soal cerita dan motivasi belajar siswa antara siswa yang memperoleh pembelajaran dengan menggunakan masalah kontekstual matematika dan siswa yang memperoleh pembelajaran langsung berdasarkan skor N-gain; ditinjau berdasarkan level kemampuan awal menyelesaikan soal cerita menunjukan bahwa pengelompokkan berdasarkan level kemampuan awal menyelesaikan soal cerita berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan menyelesaikan soal cerita. Terdapat perbedaan pengaruh peningkatan kemampuan menyelesaikan soal cerita siswa yang memperoleh pembelajaran dengan menggunakan masalah kontekstual matematika ditinjau berdasarkan kemampuan awal menyelesaikan soal cerita (tinggi, sedang dan rendah).

Copyrights © 2016