Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika
Vol 9, No 1 (2018): APRIL 2018

Analisis Kemampuan Bernalar Siswa SMA Kota Jambi

Zaka Putra Utama (Universitas Jambi)
Maison Maison (Universitas Jambi)
Ahmad Syarkowi (Universitas Jambi)



Article Info

Publish Date
20 May 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui profil kemampuan bernalar ilmiah siswa SMA Negeri Kota Jambi. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, adapun desain penelitiannya menggunakan survei type cross sectional design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa SMA di Kota Jambi dengan jumlah keseluruhan adalah 12.107 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah convenience sampling. Adapun Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah 778 siswa yang berasal dari 9 sekolah Teknik Pengumpulan data penelitian ini menggunakan soal tes kemampuan penalaran dari lawson’s classroom test of scientific reasoning (CTSR) tahun 2000. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 97% sampel berprofil konkrit. Dengan kemampuan Conservation of matter and volume sebagai kemampuan yang paling banyak dimiliki oleh siswa dengan persentase sebesar 32% dan kemampuan yang paling rendah yaitu kemampuan Proportional reasoning dengan persentase sebesar 8%. Hal ini menunjukkan bahwa siswa belum bisa menggunakan nalar mereka untuk hal-hal yang abstrak. Secara umum tidak ada kemampuan bernalar yang memiliki persentase di atas 50% ini menandakan bahwa kemampuan bernalar siswa SMA masih sangat rendah dan mendasar. Kata Kunci : Profil, bernalar Ilmiah, SMA, Kota Jambi

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JP2F

Publisher

Subject

Physics

Description

Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika (JP2F), with a registered number ISSN 2086-2407 (Print), ISSN 2549-886X (online) is a scientific journal published by the Physics Education Study Program Universitas PGRI Semarang. The purpose of the publication of this journal is to disseminate conceptual ...