Penelitian tindakan kelas ini bertujuan mengetahui peningkatan kreativitas pemecahan masalahdan prestasi belajar matematika dengan menggunakan pendekatan RME, dilakukan secara kolaboratif antarapeneliti dan guru mata pelajaran matematika. Subjek penelitian adalah guru mata pelajaran matematika dansiswa kelas X.7 SMA Negeri 1 Pulokulon. Data berupa RPP, foto, observasi, daftar nilai dan hasil tes. Teknikpengambilan data dilakukan dengan cara observasi, dokumentasi dan tes prestasi belajar matematika. Uji validasidata melalui observasi terus menerus dan triangulasi sumber. Teknik analisis data melalui reduksi data, analisisdata dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menyimpulkan dengan pendekatan RME meningkatkan kreativitaspemecahan masalah, dapat dilihat indikator keberhasilan meliputi : menemukan fakta, menemukan masalah,menemukan gagasan, menemukan solusi dan mengimplementasikan permasalahan, menunjukkan lebih dari40%. Pembelajaran dengan pendekatan RME juga meningkatkan prestasi belajar matematika, terlihat darisiswa yang tuntas dalam KKM sebelum dilakukan tindakan 12 siswa (31%), setelah dilakukan tindakan yangtuntas menjadi 32 siswa (82%).Kata kunci:realistic mathematics education, kreativitas pemecahan masalah, prestasi belajar matematika
Copyrights © 2016