Tujuan penelitian ini adalah: Ingin meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia pada materimenentukan kalimat utama pada teks tanggapan kritis pada siswa kelas IXG SMP Negeri 2 Wedi, Klatentahun pelajaran 2015/2016 dengan menerapkan strategi student facilitator and explaining berbantuankartu. Jumlah subjek penelitian adalah kelas IXG SMP Negeri 2 Wedi, Klaten tahun pelajaran 2015/2016yang berjumlah 35 anak. Teknik pengumpulan data adalah tes tertulis, observasi dan dokumentasi. Teknikanalisis data dengan deskriptif komparatif, yaitu membandingkan nilai hasil tes dari kondisi siklus I dan nilaihasil tes setelah tindakan perbaikan 2 (siklus II), kemudian direfleksikan, perbandingan juga terhadap hasilobservasi. Hasil penelitian berupa kesimpulan bahwa dengan menerapkan strategi pembelajaran studentfacilitator and explaining dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi âmenentukan kalimat utamapada teks tanggapan kritisâ pada siswa kelas IXG SMP Negeri 2 Wedi, Klaten tahun pelajaran 2015/2016.Hal ini dapat dilihat dengan adanya kenaikan ketuntasan siswa secara klasikal dari kondisi siklus I sebesar54,3% siklus II meningkat sebesar 45,7% sehingga menjadi 100%, dan adanya kenaikan nilai rata-rata,dimana pada siklus I menjadi 74,37 dan siklus II menjadi 87,8.Kata kunci: Strategi Student Facilitator and Explaining, Kartu, Kalimat Utama
Copyrights © 2016