Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: Peranan Pendidik dalamPembelajaranBerbasis Teaching Factory di Sekolah Menengah Kejuruan. Jenis penelitian iniadalah kualitatif dan menggunakan desain etnografi. Penelitian ini dilaksanakan di SekolahMenengah Kejuruan. Subjek utama penelitian ini adalah pengelola sekolah SMK Muhammadiyah1 Klaten. Informan kunci adalah Kepala Sekolah, Guru dan Siswa. Metode pengumpulan datamenggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis datadalam situs, analisis data tertata serta data tidak tertata. Uji keabsahan data menggunakankredibilitas, transferabilitas, konfirmabilitas dan dependabilitas. Simpulan dari penelitian iniadalah ;Jika aktivitas Pendidik dalam pembelajaran berbasis teaching factory ingin terlaksanadengan efektif .maka guru harus menyadari untuk mengembangkan, 1) Pengetahuan, ketrampilandan pengalaman yang terus menerus, 2) Memiliki karakter yang kuat, 3) Memiliki danmenggunakan model pembelajaran aktifKeywords: Teaching Fctory, Peranan, Pendidik
Copyrights © 2013