Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: Teachingg Factory sebagai PengembanganSisten Pendidikan di Sekolah Menengah Kejuruan. Jenis penelitian ini adalah kualitatif danmenggunakan desain etnografi. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Menengah Kejuruan.Subjek utama penelitian ini adalah pengelola sekolah SMK Muhammadiyah 1 Klaten. Informankunci adalah Kepala Sekolah, Guru dan Siswa. Metode pengumpulan data menggunakanwawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data dalam situs,analisis data tertata serta data tidak tertata. Uji keabsahan data menggunakan kredibilitas,transferabilitas, konfirmabilitas dan dependabilitas. Simpulan dari penelitian ini adalah: Jikasekolah ingin meningkatkan citra sekolah, kepercayaan masyarakat semakin tinggi, dunia usahadan industri akan mampu berkembang kearah kerjasama yang lebih produktif danefisien,dukungan pemerintahpun semakin besar, akan mampu menghasilkan lulusan yang siapterjun di dunia kerja maupun masyarakat maka pengelola Sekolah harus mampu menyeimbangkanantara, 1) Masukan atau input, 2) Proses dan 3) hasil atau Output dalam setting pembelajaranberbasis teaching factory,Keywords: Teaching Factory, Setting, Sistem
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2013