MALIH PEDDAS
Vol 6, No 1 (2016): MALIH PEDDAS

PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPA MATERI PESAWAT SEDERHANA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) DI KELAS V SD NEGERI BINTORO 16 SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Nurhayati Mustika (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Oct 2016

Abstract

Berdasarkan nilai ulangan mata pelajaran IPA tentang pesawat sederhana, data yang diperoleh menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa kelas V Semester II SD Negeri Bintoro 16 masih di bawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yaitu 65. Nilai tes formatif siswa tentang pesawat sederhana, yaitu dari 24 siswa hanya 6 siswa tuntas belajar (sesuai KKM yaitu ≥ 65), sedangkan 18 siswa tidak tuntas belajar. Jadi persentase ketuntasan belajar siswa di kelas V yaitu siswa yang tuntas belajar sekitar 25% dan yang tidak tuntas belajar sekitar 75%. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan prestasi belajar IPA tentang pesawat sederhana melalui model pembelajaran Think Pair Share (TPS) di kelas V SD Negeri Bintoro 16.  Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Bintoro 16 Demak Tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 24 siswa. Desain penelitian adalah penelitian tindakan kelas terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Pengumpulan data diperoleh dari hasil tes, observasi, jurnal. Sedangkan Analisis data meliputi data kualitatif dan data kuantitatif.Berdasarkan analisis data penelitian hasil tes formatif dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan. Peningkatan ini dapat diketahui dari hasil tes siklus I sebesar 62,5% dan siklus II sebesar 83,3%, ada peningkatan sebesar 20,8% dan batas tuntas belajar secara klasikal yang memperoleh nilai lebih dari 65 lebih dari 65%.

Copyrights © 2016