Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
Vol 1, No 1 (2016): Agustus 2016

Penerapan Pembelajaran Kontekstual melalui Hands on Problem Solving pada pada Materi Kubus dan Balok Kelas VIII SMP Negeri 10 Banda Aceh

Annisa Mustika (Syiah Kuala University)
Suhartati Suhartati (Syiah Kuala University)
Syahyuzar Syahyuzar (Syiah Kuala University)



Article Info

Publish Date
03 Nov 2016

Abstract

Kubus dan balok merupakan salah satu materi yang sulit dipahami peserta didik kelas VIII SMP Negeri 10 Banda Aceh, hal ini diduga karena metode pembelajaran yang kurang tepat dan menarik. Pembelajaran kontekstual melalui hands on problem solving pada kubus dan balok merupakan salah satu metode yang dapat menarik minat belajar peserta didik karena guru menghadirkan situasi dunia nyata yang berhubungan dengan kubus dan balok sekaligus peserta didik dapat memperoleh pengalaman menyelesaikan masalah melalui bentuk benda fisik yang dapat disentuh tangan. Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui hasil belajar peserta didik dengan penerapan pembelajaran kontekstual melalui hands on problem solving pada materi kubus dan balok mencapai kategori baik, 2) Untuk mengetahui aktivitas peserta didik dalam pembelajaran kontekstual melalui hands on problem solving pada materi kubus dan balok. Jenis penelitian ini adalah eksperimen pada satu kelas dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 10 Banda Aceh, sedangkan sampel yang digunakan adalah peserta didik kelas VIII-B SMP Negeri 10 Banda Aceh sebanyak 21 orang. Pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar yang dilaksanakan setelah pembelajaran kubus dan balok berakhir (post-test) dan lembar observasi aktivitas peserta didik yang dilaksanakan selama pembelajaran berlangsung. Kesimpulan yang diperoleh adalah hasil belajar peserta didik dengan penerapan pembelajaran kontekstual melalui hands on problem solving pada materi kubus dan balok di kelas VIII SMP Negeri 10 Banda Aceh mencapai kategori baik dan aktivitas peserta didik selama pembelajaran adalah aktif.Kata kunci: hands on problem solving, hasil belajar, kubus dan balok

Copyrights © 2016