Pembelajaran matematika yang masih menggunakan pendekatan pembelajaran yang konvensional menyebabkan siswa kesulitan memahami pelajaran dan hasil belajar siswa cenderung rendah. Selain itu, siswa akan merasa kurang antusias terhadap penyampaian materi akibatnya banyak siswa yang bersikap pasif dalam proses belajar mengajar. Salah satu pendekatan pembelajaran yang diamanatkan oleh kurikulum 2013 dan dapat digunakan dalam proses belajar mengajar adalah pendekatan saintifik yaitu pembelajaran yang menekankan pada keterampilan proses yang meliputi mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi dan mengkomunikasikan. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui hasil belajar siswa pada materi prisma dan limas dengan menerapkan pendekatan saintifik di kelas VIII MTsN Model Banda Aceh, 2) Untuk mengetahui kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik di kelas VIII MTsN Model Banda Aceh, 3) Untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran prisma dan limas dengan menerapkan pendekatan saintifik di kelas VIII MTsN Model Banda Aceh. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan desain eksperimen, dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-6 MTsN Model Banda Aceh yang berjumlah 36 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes, lembar observasi kemampuan guru, dan respon siswa. Kesimpulan yang diperoleh adalah 1) hasil belajar siswa pada materi prisma dan limas dengan menerapkan pendekatan saintifik di kelas VIII MTsN Model Banda Aceh yang mencapai ketuntasan sebesar 94,44 % 2) kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik di kelas VIII MTsN Model Banda Aceh tergolong baik, 3) respon siswa terhadap pembelajaran prisma dan limas dengan menggunakan pendekatan saintifik di kelas VIII MTsN Model Banda Aceh adalah positif.Kata kunci: pendekatan saintifik, hasil belajar, prisma dan limas
Copyrights © 2016