Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa melalui penerapan model pembelajaran problem posing pada materi sistem gerak manusia di kelas VIII SMPN 15 Banda Aceh. Penelitian ini merupakan one gruop pretes postes designs. Kriteria sampel adalah siswa yang memiliki nilai ≥ KKM, dengan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil  penelitian menunjukkan gain score untuk keseluruhan data pretes dan postes adalah 0,4 sehingga dikategorikan sedang. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan hasil kemampuan berpikir kritis siswa. Berdasarkan analisis uji-t diperoleh nilai thitung = 6,87 dan nilai ttabel = 1,669, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran problem posing pada materi sistem gerak dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.Kata Kunci: Problem Posing, Kemampuan Berpikir Kritis, Sistem Gerak Manusia
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2017