Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Biologi
Vol 2, No 3 (2017): Agustus 2017

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI SISTEM GERAK DI SMPN 15 BANDA ACEH

Ruslaini Ruslaini (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa melalui penerapan model pembelajaran problem posing pada materi sistem gerak manusia di kelas VIII SMPN 15 Banda Aceh. Penelitian ini merupakan one gruop pretes postes designs. Kriteria sampel adalah siswa yang memiliki nilai ≥ KKM, dengan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil  penelitian menunjukkan gain score untuk keseluruhan data pretes dan postes adalah 0,4 sehingga dikategorikan sedang. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan hasil kemampuan berpikir kritis siswa. Berdasarkan analisis uji-t diperoleh nilai thitung = 6,87 dan nilai ttabel = 1,669, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran problem posing pada materi sistem gerak dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.Kata Kunci: Problem Posing, Kemampuan Berpikir Kritis, Sistem Gerak Manusia

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

pendidikan-biologi

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education

Description

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Biologi (JIMPBIO) terbit emapat kali setahun pada bulan Pebruari, Mei, Agustus dan Nopember, berisi tulisan yang diangkat dari hasil penelitian di bidang pendidikan biologi dan ilmu ...