Metode Amenore Laktasi adalah alat kontrasepsi yang mengandalkan pemberian air susu ibu (ASI). Metode Amenorea Laktasi (MAL) di Indonesia pencapaiannya masih rendah. Salah satu faktor yang mempengaruhi hal tersebut adalah karena kurangnya pengetahuan dan pendidikan ibu tentang menyusui secara eksklusif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan cross sectional dengan jenis penelitian expo facto. Tujuan dari penelitian ini adalahuntuk mengetahui tingkat pengetahuan ibu menyusui terhadap metode amenorea laktasi di Kota Banda Aceh dan mengetahui pengaruh tingkat pendidikan ibu menyusui terhadap pengetahuan metode amenorea laktasi di Puskesmas Kota Banda Aceh.  Populasi dalam penelitian ini berjumlah 264. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling yang berjumlah 94 orang. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan menggunakan skala Guttman dimana jawaban positif adalah bernilai 1 dan jawaban negatif adalah bernilai 0.  Data di peroleh dianalisa secara univariat (persentase) dan bivariat (Chi-square) dengan taraf signifikansi 95% (α=0,05).Hasil penelitian ini menunjukkan dari 94 responden di Puskesmas Kota Banda Aceh berdasarkan proporsi golongan umur menunjukkan bahwa responden terbanyak adalah umur 35 tahun  (67,02%), berdasarkan proporsi tingkat pendidikan  menunjukkan bahwa responden terbanyak adalah tamatan Perguruan Tinggi  (39,36%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden yang terbanyak adalah berada pada golongan tingkat pengetahuan Baik (43,61%). Berdasarkan hasil analisis data menggunakan uji chi-square diperoleh nilai X2hitung X2 tabel (60,41 12,59), maka Ha diterima. Kesimpulan dalam penelitian ini adalahterdapat pengaruh tingkat pendidikan dengan tingkat pengetahuan ibu menyusui terhadap metode amenorea laktasi di Puskesmas kota Banda Aceh. Kata Kunci:  tingkat pendidikan, pengetahuan ibu menyusui, metode amenore laktasi
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2017