Sekolah Menengah Kejuruan memiliki banyak tujuan, salah satu diantaranya adalah menyiapkan peserta didik agar menjadi manusia produktif, mampu bekerja mandiri, mengisi lowongan pekerjaan yang ada sebagai tenaga kerja tingkat menengah sesuai dengan kompetensi dalam program keahlian yang dipilihnya. Salah satu yang mempengaruhi kurang optimalnya tujuan dari SMK belum terlaksana keterampilan las berorientasikan produk di SMK. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran mengenai hasil evaluasi implementasi assesmen kinerja pada pembelajaran las yang berorientasikan produk untuk peserta didik SMK Negeri. Metode yang digunakan penelitian evaluatif dengan model evaluasi stake. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah single subject research. Pengambilan dan pengolahan data difokuskan untuk melihat prilaku subjek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik telah melakukan pratikum las secara baik dengan waktu yang cukup.
Copyrights © 2016