ABSTRAKPenelitian ini berjudul penerapan model pembelajaran Problem Posing Tipe Pre Solution Posing untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem reproduksi manusia di SMA Negeri 2 Banda Aceh. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Posing Tipe Pre Solution Posing terhadap peningkatan hasil belajar. Adapun hipotesis dalam penelitian ini yaitu penerapan model pembelajaran Problem Posing Tipe Pre Solution Posing dapat berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi sistem reproduksi manusia di SMA Negeri 2 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian true experimental dengan desain pre-tes-pos-tes kontrol group. Data penelitian berupa kemampuan awal diperoleh dengan pretes, dan kemampuan hasil belajar yang diperoleh dengan postes. Data tersebut digunakan untuk ditentukan skor N-Gainnya. Skor N-gain ini digunakann dalam analisis uji-t untuk dilihat perbedaan hasil belajar di kedua kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Posing Tipe Pre Solution Posing dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI di SMA Negeri 2 Banda Aceh pada materi sistem reproduksi manusiaKata Kunci: Problem Posing Tipe Pre Solution Posing dan Hasil BelajarÂ
Copyrights © 2017